pexels-croberin-photography-1422408

Sejarah LKM Bogor

LKM BOGOR PT LKM Bogor berdiri pada tanggal 23 November 2015, berdasarkan Akta Notaris No. 23 dan telah disahkan oleh MENKUMHAM Nomor: AHU-2467841.AH. 01.01 Tahun 2015 tentang pengesahan pendirian badan hukum perseroan terbatas PT Lembaga Keuangan Mikro Bogor. Terbentuknya PT LKM Bogor adalah adanya penggabungan usaha atau konsolidasi dari 13 PD. PK menjadi PD. PK Bogor yang didirikan oleh Perda Provinsi Jawa Barat No. 14 Tahun 2006 dan merupakan Perda perubahan dari perda-perda provinsi sebelumnya (tentang LPK). Perubahan bentuk hukum Perusahaan Daerah Perkreditan Rakyat Kecamatan hasil konsolidasi atau merger menjadi Perseroan Terbatas Lembaga Keuangan Mikro ini telah mendapat legalitas hukum berupa Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 7 Tahun 2015, dan merupakan tindak lanjut adanya UU Nomor 1 tahun 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro yang berisi diantaranya  Lembaga Keuangan Mikro yang telah berdiri dan telah beroperasi sebelum berlakunya Undang-Undang LKM, serta belum mendapatkan izin usaha berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, wajib memperoleh izin usaha melalui pengukuhan sebagai LKM kepada OJK paling lambat tanggal 8 Januari 2016, berbadan hukum PT atau Koperasi

Visi dan Misi

Visi

MENJADI PERUSAHAAN KEUANGAN YANG BERDAYA SAING TINGGI DAN TUMBUH BERKEMBANG BERSAMA MITRA USAHA

Misi

  • Meningkatkan kesejahteraan perekonomian dan daya beli masyarakat yang berkontribusi terhadap peningkatan IPM Daerah Kabupaten Bogor.
  • Meningkatkan akses pendanaan skala mikro bagi masyarakat dan memberikan pelayanan yang terbaik dan professional.
  • Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan nasabah secara produktif.
  • Menjadikan mitra usaha dalam program pendampingan dalam upaya meningkatkan produktivitas secara efektif dan efisien

Teknologi Informasi

Dalam rangka proses konsolidasi dan menghadapi era teknologi yang semakin maju dibidang Lembaga Keuangan serta memberikan pelayanan yang berbasis teknologi yang lebih baik dan cepat kepada nasabah. Bagian Teknologi Informasi telah menyelesaikan Dikelar Mobile System sebagai langkah awal penyempurnaan sistem teknologi informasi LKM Bogor, selanjutnya melakukan langkahlangkahsebagaiberikut: :

  • Menyempurnakan Management Information System ( MIS ) yang mencakup informasi tentang kebijakan yang telah ditetapkan dan dapat memberikan laporan yang cepat, tepat, dan akurat kepada manajemen dalam rangka pengambilan keputusan.
  • Penyempurnaan system teknologi informasi melalui sentralisasi data dan Backup dan Disaster Recovery
  • Pengembangan Jaringan melalui link Simfoni Mobile yang berguna mempermudah akses nasabah dalam transparansi
  • Peningkatan dan pelaksanaan program maintenance dan hardware secara teratur
  • Terus melaksanakan penyempurnaan dan pengembangan produk LKM yang berbasis teknologi system informasi